Genset pembangkit Listrik Tiba di Bawean

GRESIK – Tiga mesin pembangkit listrik atau genset baru yang akan digunakan untuk menerangi listrik Pulau Bawean selama 24 jam Selasa (7/12) kemarin tiba di Pelabuhan Sangkapura (Bawean). Ketiga genset yang baru datang di Bawean, masing-masing memiliki kapasitas 400 kilo Watt (kW). “Jadi tambahan suplai listrik dari tiga genset baru ini totalnya 1.200 kW,” kata Aruman, pelaksana lapangan PT Arto Ageng Energy (AAE), rekanan dari PT PLN kemarin.

Tiga genset yang datang bulan September lalu, dua di antaranya berkapasitas 700 kW dan satunya lagi berkapasitas 800 kW. Dengan begitu total kapasitas enam pembangkit listrik baru yang ada di Bawean adalah 3.400 kW. “Sudah mampu untuk menerangi Bawean selama 24 jam,” tandas Aruman.

Terpisah, Supervisor Pembangkitan Area Pelayanan Jaringan (APJ) PLN Gresik, Witanto menegaskan proses listrikisasi Bawean 24 jam saat ini masih proses. Setidaknya masih dilakukan pembenahan jaringan sehingga tidak terjadi gangguan atau kendala saat listrik dinyalakan selama 24 jam nanti.

Selama ini, PT PLN hanya mampu memenuhi kebutuhan listrik bagi 9.661 pelanggan. Masih ada sekitar 9.300 kepala keluarga yang rumahnya belum teraliri listrik, khususnya di daerah pegunungan, seperti di Desa Promaan, Grejeg, Kebunteluk Dalem, Balikterus, Teluk Jatidawang, Gelam, dan Dekatagung.

Normalnya atau yang berlaku selama ini, listrik di Bawean hanya menyala 17 jam, mulai pukul 17.00 hingga 10.00. Tidak ada lagi giliran seperti beberapa bulan lalu, dua hari menyala dan satu hari padam. Hingga September lalu, listrik Bawean menyala setiap hari meskipun tidak 24 jam nonstop.

Kendala normalisasi listrik Bawean juga karena adanya listrik curah atau pemasangan listrik liar, sehingga menambah beban listrik.Temuan PT PLN beberapa waktu lalu di sejumlah daerah di Bawean seperti di Desa Sukaoneng, Telukjatidawang, Kepuhlegundi, dan beberapa desa lainnya, pelanggan PLN mengubah sendiri dayanya.

Mestinya, dalam perjanjian kontrak dengan PLN hanya 6 Ampere atau 1.300 Volt Ampere (VA) namun dimodifikasi menjadi 20 Ampere atau 4.400 Volt Ampere. Dinaikkan lebih dari tiga kali lipat dari kontrak. Daya yang besar ini, kemdian disalurkan ke rumah warga lain secara ilegal. Satu meteran biasanya disalurkan kepada 40 rumah lain dengan panjang kabel hingga satu kilometer. sep

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: