tips sehat pria kantoran

Pria yang bekerja di kantor biasanya rentan memiliki banyak penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidak bekerja di kantor. Pasalnya pria yang bekerja di kantor memiliki waktu dan ruang yang terbatas untuk bergerak. Kegiatan mereka yang utama berkutat di depan layar komputer atau notebook dalam jangka waktu yang lama, setidak-tidak nya 8 jam, bahkan bisa lebih dari itu bila lembur.

Padahal tubuh yang tidak pernah bergerak sangat rentan untuk terserang penyakit. Bandingkan saja antara pria kantoran dengan pria yang bekerja dengan memanfaatkan otot sebagai modal utama. Rata-rata pria kantoran lebih rentan untuk terkena penyakit-penyakit berat seperti jantung, ginjal, dan struk dibandingkan dengan pria pekerja kasar seperti tukang bangunan atau petani.

Kebiasaan duduk berlama-lama di depan komputer adalah kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Bila tubuh dimanja atau tidak pernah bergerak, maka penyakit akan rentan sekali untuk masuk ke dalamnya.

Selain karena kebiasaan duduk berlama-lama di depan komputer, pria kantoran juga biasanya suka memakan makanan cepat saji atau instant. Alasannya adalah demi kepraktisan belaka. Padahal bila diteliti lebih lanjut, makanan instant atau cepat saji atau biasa dikenal dengan istilah junk food bukanlah makanan sehat. Namun tragisnya, makanan seperti itulah yang kebanyakan menjadi konsumsi sehari-hari pria kantoran.

Mengingat banyaknya risiko penyakit yang diderita oleh pria kantoran karena kebiasaan kerja serta konsumsi yang kurang sehat, maka pria kantoran sebaiknya mencegah hal tersebut sedini mungkin demi kebaikan diri sendiri dan juga keluarga.

Bagaimana caranya?

Berikut ini adalah beberapa tips sehat pria kantoran, yaitu:

Tips sehat pria kantoran yang pertama adalah “biasakan agar selalu memiliki waktu untuk berolahraga”
Satu kali enam belas lebih baik dibandingkan dengan enam belas di kali satu. Artinya kebiasaan berolahraga secara rutin setiap hari meskipun hanya beberapa menit adalah langkah yang baik dibandingkan dengan tidak pernah berolahraga sama sekali namun sekali berolahraga memakan waktu yang lama. Hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan. Lebih baik setiap hari meluangkan waktu untuk berolahraga meskipun hanya sebentar.

Tips sehat pria kantoran yang kedua adalah “banyak minum air putih”
Pria kantoran identik dengan duduk lama di depan komputer atau laptop. Kebiasaan duduk lama ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh mereka terutama pada ginjal. Kebiasaan duduk lama akan menyebabkan kondisi ginjal bermasalah bila tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat. Salah satu menjaga kesehatan ginjal karena kebiasaan duduk lama adalah dengan banyak minum air putih.

Tips sehat pria kantoran yang ketiga adalah “hindari makan makanan instant”
Seperti yang sudah disinggung di atas, biasanya demi sebuah alasan kepraktisan banyak pria kantoran yang menyepelekan masalah makanan yang mereka makan. Banyak dari mereka yang mengkonsumsi junk food karena junk food adalah makanan cepat saji yang praktis dan mudah diperoleh. Pada kenyataannya junk food memiliki banyak kandungan zat yang bisa merusak tubuh dan sangat berbahaya. Oleh sebab itu demi kesehatan seharusnya pria kantoran wajib untuk meminimalisir konsumsi junk food.

Tips sehat pria kantoran yang keempat adalah “mengurangi cemilan”
Biasanya seseorang yang memiliki kebiasaan berlama-lama di depan komputer memiliki kebiasaan buruk yang tidak disadari yaitu memakan cemilan dalam jumlah yang banyak. Mereka tidak menyadari bahwa cemilan tersebut sesungguhnya bisa menyebabkan obesitas. Oleh sebab itu pria kantoran hendaknya mengurangi cemilan di saat mereka sedang berada di depan komputer demi menjaga kesehatan mereka.

Tips sehat pria kantoran yang terakhir dan paling penting adalah “jalan kaki”
Jalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling murah namun memiliki manfaat yang luar biasa. Jalan kaki membuat tubuh menjadi sehat karena otot-otot di seluruh tubuh akan bergerak. Hal ini tentunya bermanfaat untuk pria kantoran. Sebaiknya mereka membiasakan diri untuk tidak memanjakan diri dengan sedikit-sedikit naik motor dan mulai mengganti dengan jalan kaki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: