Etiket/Etika Dalam Berkomunikasi/Komunikasi

Etika Dan Etiket Yang Baik Dalam Komunikasi

Berikut di bawah ini adalah beberapa etika dan etiket dalam berkomunikasi antar manusia dalam kehidupan sehari-hari :

1. Jujur tidak berbohong
2. Bersikap Dewasa tidak kekanak-kanakan
3. Lapang dada dalam berkomunikasi
4. Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik
5. Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
6. Tidak mudah emosi / emosional
7. Berinisiatif sebagai pembuka dialog
8. Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
9. Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan
10. Bertingkahlaku yang baik

Contoh Teknik Komunikasi Yang Baik

– Menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan
– Gunakan bahawa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara
– Menatap mata lawan bicara dengan lembut
– Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum
– Gunakan gerakan tubuh / gesture yang sopan dan wajar
– Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara
– Memakai pakaian yang rapi, menutup aurat dan sesuai sikon
– Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
– Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi
– Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik lawan bicara.
– Menggunakan volume, nada, intonasi suara serta kecepatan bicara yang baik.
– Menggunakan komunikasi non verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku seperti berjabat tangan, merunduk, hormat, ces, cipika cipiki (cium pipi kanan – cium pipi kiri)
– Dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: