Manfaat Jus Lidah Buaya

Anda pasti kenal dengan tanaman lidah buaya, bukan? Biasanya tanaman ini banyak menghiasi halaman rumah. Bentuk daunnya tebal dan memiliki duri di setiap tepinya. Manfaat paling populer dari daun yang satu ini adalah untuk menyuburkan rambut.

Daging dari tanaman lidah buaya, ternyata bisa Anda manfaatkan sebagai minuman. Saat ini, di pasaran sudah banyak yang menjual daging daun lidah buaya untuk dikonsumsi sebagai campuran es. Anda juga bisa membuatnya menjadi minuman jus. Selain segar, ada banyak manfaat jus lidah buaya yang patut untuk Anda ketahui.

Kandungan Jus Lidah Buaya

Minuman jus lidah buaya ternyata banyak mengandung zat yang berguna bagi tubuh, contohnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin C dan E, zat besi. Selain itu, jus lidah buaya juga mengandung banyak zat seperti lignin, laktasit, antibakteri, antijamur, antibiotik dan antiseptik.

Manfaat Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya tak hanya nikmat di mulut, tapi juga memberi manfaat bagi tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat jus lidah buaya? Ini dia khasiatnya.

  • Meminum jus lidah buaya secara teratur mampu memulihkan penyakit diabetes. Jadi, bila Anda ingin kadar gula darah turun, biasakanlah mengkonsumsi minuman yang satu ini.
  • Kandungan vitamin C yang ada pada minuman ini memberikan daya tahan tubuh ekstra, sehingga badan tidak mudah terserang penyakit.
  • Anda pasti tahu bahwa jus lidah buaya ini mengandung lender. Anda jijik? Jangan berprasangka buruk dulu, karena lender yang mengandung lignin ini berguna untuk perawatan kulit dari dalam dengan cara menahan kadar air dalam kulit sehingga kulit tetap lembab dan tidak mudah kering.
  • Melancarkan buang air besar. Bila Anda sering sembelit atau susah buang air besar, Anda bisa merasakan manfaat jus lidah buaya yang satu ini. Lendir yang terdapat dalam jus lidah buaya ini mengandung zat laktasit, zat yang berfungsi sebagai zat pencahar dan membuat buang air besar menjadi lancar.
  • Jus lidah buaya kaya akan antioksidan yang tentunya sangat berguna bagi tubuh. Zat ini akan melawan berbagai radikal bebas dan mencegah beberapa penyakit seperti kanker. Antioksidan dalam minuman ini juga berguna untuk menghambat penuaan dini, sehingga Anda selalu tampak awet muda.
  • Jus lidah buaya juga bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit lain, seperti ambeien atau wasir, radang tenggorokan, dan batuk yang membandel.

Itu adalah berbagai manfaat jus lidah buaya yang patut untuk Anda ketahui. Semua zat yang terkandung dalam jus lidah buaya ternyata sangat berpengaruh besar pada kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri, konsumsi jus lidah buaya belum terlalu banyak dilakukan. Hal ini mungkin dikarenakan kebanyakan orang masih mengira atau beranggapan bahwa tanaman lidah buaya adalah tanaman obat dan tak layak untuk dikonsumsi secara langsung. Padahal di negara lain, misalnya Cina, lidah buaya sudah dikonsumsi sejak zaman dulu.

Bisa juga karena sebagian banyak orang masih agak jijik melihat jus lidah buaya yang memang tampak berlendir dan mengabaikan manfaat jus lidah buaya itu sendiri. Padahal rasanya menyegarkan dan nikmat apabila ditambah dengan gula atau madu.

Anda ingin mencoba merasakan manfaat jus lidah buaya? Lakukan sekarang juga! Apalagi sudah terbukti bahwa tidak ada efek samping dalam mengkonsumsi minuman ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: